REVIEW: Anime Idolish7

Idolish7 (secara keren ditulis IDOLiSH7) sebenarnya adalah permainan rhythm Jepang yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Bandai Namco Entertainment dengan kolaborasi musik oleh Lantis untuk platform Android dan iOS. Idolish7 telah melahirkan beberapa adaptasi dan novelisasi manga (sumber: wikipedia). Jadi Idolish7 pada awalnya bukan anime namun diadaptasi menjadi anime.


ini anime tentang musik
Yah, siapa sangka saya akan menonton yang beginian? Sejujurnya, genre Idolish7 bukan selera saya. Saya menyukai plot twist makanya list saya lebih banyak yang berasal dari genre psychology dan mystery. Tapi cerita Idolish7 ternyata menyenangkan untuk diikuti.

Plot

Plot adalah unsur penting dari anime. Idolish7 berhasil membuat saya marathon karena tidak tahan dengan cliffhanger tiap episode. Beberapa perkembangan cerita akan meninggalkan perasaan pahit di mulut.

Anime menceritakan kisah grup idol yang terdiri dari 7 laki-laki tampan sejak masa training sampai mereka menjadi idol grup sukses. Masalah awalnya muncul dari hubungan antar anggota untuk menjaga keutuhan grup kemudian dikompori persaingan dua label musik dan di sinilah kekotoran dunia entertaimen ditunjukkan.


dan hubungan baik mereka terus terjalin :)


Music

Poin yang ini cukup menonjol juga. Musik oleh para karakter juga bagus-bagus. Seiyuu yang dibayar untuk mengisi karakter juga bagus-bagus (dan masih muda).

Iori Izumi (和泉 一織 Izumi Iori) disuarakan oleh Toshiki Masuda, Yamato Nikaidō (二階堂 大和 Nikaidō Yamato) disuarakan oleh Yūsuke Shirai, Mitsuki Izumi (和泉 三月 Izumi Mitsuki) disuarakan oleh Tsubasa Yonaga, Tamaki Yotsuba (四葉 環 Yotsuba Tamaki) disuarakan oleh KENN, Sōgo Ōsaka (逢坂 壮五 Ōsaka Sōgo) disuarakan oleh Atsushi Abe, Nagi Rokuya (弥 ナギ Rokuya Nagi) si pangeran Skandinavia :v disuarakan oleh Takuya Eguchi, dan Riku Nanase (七瀬 陸 Nanase Riku) yang disebut bomnya Idolish7 disuarakan oleh Kensho Ono.

Ini di luar topik sih tapi setelah Akutagawa, Kensho-sama juga mengisi suara Riku. Pasti akting sakitnya udah terlatih banget yah #menatapkejauhan. Lagu-lagu Idolish7 juga seperti keluar dari album yang sama dengan lagu Feel so Nice punya Kensho-sama. Vibenya terasa sama. Tapi karena Kensho-sama nggak pake suara asli (agak ditinggikan pitchnya) suara Riku jadi terasa kurang power menurut saya. Saya mengharap suaranya sampai kayak di lagu Zero.

TRIGGER, grup idol rival (karena tidak seru kalau tidak ada rival) dengan anggota; Gaku Yaotome (八乙女 楽 Yaotome Gaku) disuarakan oleh Wataru Hatano, Tenn Kujō (九条 天 Kujō Tenn) disuarakan Soma Saito, Ryūnosuke Tsunashi (十 龍之介 Tsunashi Ryūnosuke) disuarakan oleh Takuya Sato. Penampilan TRIGGER saat menyanyikan SECRET NIGHT di episode 4 adalah favorit saya. Jiwa saya sedikit teguncang saat mengetahui arti lirik lagunya.

Btw ada yang liat seiyuu mereka di youtube? Seiyuu Tenn dan Riku imut sekali di sana, saling menyapa seperti merekalah yang kakak adik wkwkwk.

Character

Oh!!!! Saya bisa menulis hingga dua halaman untuk poin ini karena saya mencintai semua karakter yang ada. Saya bisa bercerita mulai dari desain sampai pairing wkwkwk.

Secara official anime ini bergenre shoujo jadi tentu saja karakternya bishi dan bishounen. Semua karakter memiliki desain yang berbeda. Begitu berbedanya, saudara pun tidak mirip di sini. Mitsuki dan Iori mirip di mananya coba? Sewaktu saya tahu Riku punya kembaran, saya nyari yang rambutnya merah. Ternyata…

Ah, tunggu!

Saya salah. Ada saudara yang cukup mirip tapi munculnya di akhir episode jadi saya agak kelupaan. Te-he 
Desain ayah dan anak juga cukup mirip. Ini sesuatu yang sepertinya cukup disesali oleh Gaku hahaha...

Character development juga benar-benar dieksekusi. Manajer yang bodoh (Iori yang bilang, ya) bisa mempertahankan grup yang dipegangnya. Saya suka sekali quote si manajer mengenai 7 samurai dan 3 babi kecil. Yang karakternya berat untuk berkembang paling Tamaki. Dia troublemaker. Tapi pada akhirnya dia juga menjadi lebih baik dan mendapat hadiah puding Ousama.

Emmm…, mungkin ada character yang tidak tereksekusi dengan baik. Re:vale. Mungkin ini karena mereka tidak memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan Idolish7. Di gamenya sendiri, Re:vale baru muncul di chapter dua. Maaa… ii ka.

Hampir semua karakter memiliki peran penting masing-masing. Bahkan yang hanya muncul 1 episode untuk memasang lampu mengajarkan makna cinta trik untuk menang dari TRIGGER. Yaaahh…., mungkin kecuali Re:vale. 

Siapapun bisa jadi jahat dan baik sepanjang 17 episode. Presiden Takahasi misalnya, bisa membawa berita baik ("kita liburan ke Okinawa") juga berita jahat ("Yang bisa debut cuma dua orang"). Ini bukannya gambaran yang realistik mengenai manusia nyata?
Dilihat dari opening dan fanservice yang menyebar dimana-mana, sepertinya tim produksi mencoba memasangkan Iori dan Riku (mereka bahkan punya sub unit duo). Tapi saya lebih menyukai TennRiku. Riku kelihatan bahagia banget soalnya kalo sama Tenn. Dan melihat betapa baiknya Tenn sebagai kakak membuat saya jadi pengin punya kembaran juga (saya lagi-lagi menginginkan hal yang mustahil).


protect those smile, please :')

Bukan berati saya tidak menyukai Iori dan Riku, saya juga baca fanfic mereka –ups! Saya paling menyukai Riku, ekspresi innocent-nya paling nggak nahan, dan selama dia senang saya akan mendukungnya. Saya mulai kedengaran seperti fans idol sekarang.

Singkatnya, cerita idolish7 tereksekusi dengan baik. Kalau ada yang masih menjadi misteri, maka itu adalah alasan Tenn meninggalkan keluarganya. Tapi itu bukan sesuatu yang bakal membuat saya mengurangi nilai dari 10 jadi 1. Setelah melewati banyak episode, saya bisa menebak sendiri. Saya percaya kalau Tenn punya alasan yang baik.



Komentar

Postingan populer dari blog ini