Motivasi Menulis

Menulis dapat dilakukan siapa saja karena bisa tapi untuk melakukannya secara konsisten membutuhkan lebih dari sekadar bisa.


Orang yang konsisten menulis tentunya memiliki motivasi yang kuat untuk melaksanakannya. Motivasi ini dapat bermacam-macam: hobi, ibadah, uang, popularitas—tergantung si individu. Di antara daftar motivasi di atas, saya tahu yang mana yang terdengar mulia tapi saya tidak mau munafik. Motivasi menulis bagi saya adalah dapat menjadi lebih produktif. Baik itu produktif menghasilkan karya maupun uang.

Iya, sesimpel itu.

Dewi Laksmi disebut juga Dewi Uang. Ia juga disebut “Widya” yang berarti pengetahuan
Sumber: wikipedia
  

Menulis memungkinkan terjadinya transfer pengetahuan. Bila tulisan saya berisi pengalaman buruk, saya harap orang lain akan dapat mempelajarinya. Bila tulisan saya berisi pengalaman baik, saya harap orang lain akan terinspirasi. Bila tulisan saya berisi pemikiran, saya harap orang lain mengerti dan mempertimbangkan pemikiran saya dalam tingkah laku mereka.

Saya sadar betul bahwa agar bernilai dan dibaca orang lain maka karya harus bagus. Saya berharap saya bisa lebih puitis tapi dari tulisan ini sudah kelihatan kalau saya bukan orang yang begitu puitis. Maka dari itu, saya ingin lebih banyak belajar salah satunya dengan mengikuti komunitas menulis online.
Penerbit dan Komunitas Menulis Sekolah Menulis Indonesia

Nah! Kalau kamu, apa motivasimu menulis?


#SekolahMenulisIndonesia
#Ujian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW: Anime Idolish7