REVIEW: #KAMUHARUSTAHU Kualitas Website INDOZONE

Logo INDOZONE
Kita dihadapkan dengan ironi baru: memasuki era revolusi industri 4.0 bukan hanya inovasi bidang ekonomi yang berkembang namun juga inovasi bidang kriminologi.
Semakin uzur bumi yang kita tinggali maka semakin bermacam trik orang melakukan kejahatan. Tongsis telah bertambah fungsi menjadi alat pencuri ponsel jarak medium, fitur videocall  bisa dijadikan media pemerasan, dan berita bohong (a.k.a hoax) digunakan untuk memecah belah persatuan.
Terkait contoh yang terakhir, generasi milenial pun dituntut untuk lebih cerdas memilah informasi. Hanya bacalah dari sumber terpercaya misalnya ya INDOZONE yang dapat kamu, aku, dan dia--ahem!--akses di IP adress www.indozone.id
Tampilan depan website INDOZONE
INDOZONE, awalnya adalah platform informasi di instagram yang berdiri pada 08 September 2014 lalu. Seiring perkembangan teknologi internet dan tuntutan zaman di mana anak muda aktif di berbagai media sosial, INDOZONE pun turut menyesuaikan dan hadir di mana-mana seperti youtube, line, twitter, dan lainnya.

Akun INDOZONE di berbagai media sosial. Boleh kalian kunjungi.

Laman INDOZONE Ramah Pengunjung

Ha? Ramah pengunjung? Dikira resepsionis apa kali ya? Bukan begitu, sayangku.

Ramah pengunjung di sini maksudnya visitor friendly. INDOZONE memiliki tampilan web yang sederhana dan kesederhanaan inilah yang dicintai oleh pengunjung dan robot google. Website sederhana semacam ini pastinya fast loading.

Pasti bete 'kan yah saat membuka suatu laman tapi ditunggu sebulan yang dilihat hanya lingkaran penanda loading pada kita benar-benar butuh. Nah, ini adalah kualitas pertama.

Tampilan Website hmmm..., Oke Juga


Siapa web desainer INDOZONE, ya? Mau saya gebetin #salah

Pertanyaan untuk siapapun yang mau jawab, apa sih yang pertama kali kalian lihat dari suatu web? Desain web pastinya. Udah ngaku aja, kalau desain web berantakan kalian boro-boro membaca pasti langsung close tab, 'kan?

Mungkin website INDOZONE memiliki no tears formula (bukan iklan ya, serius ini saya) karena membaca websitenya nggak bikin perih di mata. Sudah jadi pengetahuan umum bahwa membaca di layar jauh lebih melelahkan buat mata ketimbang membaca di atas kertas--meski nggak selelah melihat doi masih dimiliki oleh yang lain. Tampilan Website INDOZONE didominasi merah dan putih--INDOZONE emang Indonesia banget dalam bentuk dinamis dan stylist. Penggunaan warna putih ini saya rasa adalah pilihan yang tepat. Di antara timbunan gambar dan untaian kata, warna putih memberi jeda pada mata. Selain itu warna putih memberi kesan clean and clear (lagi-lagi bukan iklan ya), se-clear informasi yang disajikan.

Tata letak juga nggak membingungkan bahkan untuk yang pertama kali mampir. 

Konten Berkualitas

Sebagus apapun desain web, pada akhirnya yang benar-benar menunjukkan kualitas adalah kontennya. Bukan hanya berita, INDOZONE juga menampilkan informasi yang bersifat hiburan 24 jam baik nasional maupun internasional. Informasi yang disajikan ini bersifat aktual dan sesuai fakta jadi kita terhindar dari kejamnya fitnah.

Salah satu tampilan berita terkini INDOZONE. Coba perhatikan jam update-nya. Gile banget kan ndro, selisihnya hanya hitungan menit. Jaminan utama kamu gak akan ketinggalan info. INDOZONE aktual.

Di instagram, setiap harinya konten disajikan dalam beberapa kategori.
- Informasi dan berita aktual (disajikan dalam template merah)
- Travelling (template biru)
- Kesehatan (template biru dongker)
- Game (template hijau)
- Fakta-mitos dengan penjelasan ilmiah (template hijau pudar)
- Fakta-mitos yang tak perlu kajian (template pink pudar)
- Fashion dan kecantikan (template pink)
- Otomotif (template cokelat)
- Teknologi (template silver)
- Dunia kuliner (template oranye)

Di website, informasi dikategorikan dalam tujuh menu navigasi linear (jadi mesti kamu klik karena ini bukan menu dropdown) yakni NEWS, FAKTA DAN MITOS, GAME, TECH, FOOD, SOCCER, BEAUTY, FYI, VIDEOGRAFIK, dan MORE (kecuali satu ini yang merupakan menu dropdown).

Navigasi website INDOZONE.

Di antara kanal-kanal tersebut, manakah yang paling saya sukai? Hm..., kasih tahu nggak ya?

Karena saya anak kesehatan maka kanal yang paling saya sukai adalah kesehatan dan fakta-mitos. Ah, ngomong-ngomong kanal videografi adalah navigasi yang mensortir berita yang disajikan dalam bentuk video, bukan tulisan. Media informasi seperti ini cocok deh buat kamu yang tidak terlalu suka membaca.

Lho, bentar. Katanya suka kesehatan dan fakta-mitos kok yang dibahas videografi? Sebenarnya saya suka yang mana, sih. Dasar aku.

Yuk, fokus lagi.

Nyaman Tanpa Iklan Pop Up

Saya paling nggak betah bila laman website memuat banyak iklan apalagi sampai menutupi konten. Please, deh. Saya paham iklan adalah sumber pedapat namun setidaknya penempatannya itu lho! Setidaknya dibikin artistiklah.

Nah bagian inilah yang paling saya suka dari INDOZONE yakni tidak terlalu banyak iklan dan kalaupun ada, iklan itu muncul secara sopan :)

One Page for One News

Pengalaman saya membaca di website berita lain adalah berita tersebut terpotong jadi beberapa halaman. Itu lumayan membuat geram. Baru juga membaca tiga paragraf eeehhh berita lanjut di halaman berikutnya. Yang bikin saya sedih, halaman berikutnya juga tidak menjawab judul besar. Untungnya, INDOZONE berbeda dengan website lain dan saya benar-benar mensyukuri hal tersebut.

Tapi...


Sebenarnya saya tidak terlalu suka mencari-cari kesalahan tapi tidak akan ada perkembangan tanpa kritik. Meski saya sendiri yang mengatakan saya juga ingin meminta maaf jika ternyata kritik saya tidak begitu berbobot.

Pertama, website belum menyediakan mode malam. Seperti yang saya uraian sebelumnya, pemilihan warna putih sebagai template merupakan pilihan yang baik kalau digunakan untuk membaca siang hari. Lha, kalau membaca malam hari? Update informasi juga terjadi malam hari. Solusinya ya sediakan mode malam atau pembaca cukup membaca siang hari.

Kedua, ini bukan kekurangan sih, lebih seperti keegoisan pribadi saya. Iya, tidak apa, silakan panggil saya egois. Website INDOZONE tidak ada rubrik yang mengizinkan pembacanya ikut berperan aktif. Maksud saya seperti adakan rubrik puisi atau cerpen di mana pembaca dapat mengisikan dengan seizin admin. Duh, jadi bernostalgia sewaktuku kecil pas baca koran yang dilihat kalau bukan rubrik cerpen ya TTS. Hahaha! Ahem!

Kesan Akhir

Kesimpulan dari review yang saya maksudkan untuk mengikuti #INDOZONEBLOGREVIEWCONTEST adalah website INDOZONE memiliki lebih banyak (banget, malah) kualitas daripada kekurangannya jadi bagi saya INDOZONE bukan sekadar GOOD melainkan EXCELENT. 


Bagi kita-kita para generasi muda, membaca dan menyebarkan berita bebas hoax dan terpercaya (salah satu sumbernya ya INDOZONE) merupakan pengembangan diri dan salah satu bentuk bela negara. Gimana, aku cerdas kan? (Ups! Maaf iklan lagi)

So, apalagi alasan kamu belum membuka www.indozone.id, milenial +62?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW: Anime Idolish7