REVIEW: Buku SiNERSI



Tipe                         : Non fiksi
Judul                        : SINERSI
Pengarang                : Tim AIPNI
Penerbit                    :AIPNI
Jumlah halaman        :420
Rating                       : General


Kamu mahasiswa perawat? Berniat bekerja di rumah sakit?
Perlu kamu ketahui, banyak rumah sakit sudah mewajibkan STR (Surat Tanda Registrasi) sebagai syarat bagi pelamar kerja. Untuk mendapat STR ini, perawat harus memiliki tiga berkas yang didapat dari event terpisah, yakni:

  1. Mendaftar sebagai anggota PPNI untuk mendapatkan NIRA, 
  2. Mengikuti angkat sumpah untuk mendapatkan sertifikat angkat sumpah, 
  3. Mengikuti Uji Kompentesi untuk mendapatkan sertifikat kompeten.

Di antara tiga event di atas, uji kompetensi adalah momok yang paling ditakuti. Jika kuliah kita andaikan sebagai sekolah menengah, uji kompetensi ini serupa UN. Lima tahun kuliah (4 tahun mendapatkan sarjana + 1 tahun profesi) dipertaruhkan dalam 180 menit. Kalau tidak lulus, ya lima tahunmu sia-sia. Kamu wajib belajar lagi hingga dinyatakan kompeten.

Mengingat betapa pentingnya lulus dalam uji kompetensi, perawat pun diharapkan telah mempersiapkan berbagai hal sebelum menghadapinya. Sering membaca, banyak berdoa, dan tentu saja, karena yang akan dihadapi adalah pertanyaan, maka perbanyak latihan soal.

Kisi-kisi

Sinersi memberikan kisi-kisi soal yang sering masuk (yang juga sering terjadi di lapangan, sebenarnya). Kisi-kisi ini dilengkapi dengan materi singkat yang mudah dipahami, dibuat terstruktur dari medikal bedah hingga manajemen keperawatan. InshaAllah ada yang masuk.

Kumpulan Soal

Saya tahu karena saya pun mengalaminya, kadang lebih mudah mempelajari sesuatu melalui soal. Mungkin karena itu juga Tuhan sering memberi ujian tanpa memberi penjelasan sebelumnya. Oke, saya ngawur.
SINERSI memberikan kumpulan soal dilengkapi dengan pembahasan. Beberapa prediksi soal ada yang benar-benar masuk meski beberapa lainnya tidak. Dengan banyak membaca soal diharapkan kamu akan memahami karakteristik soal yang biasanya memiliki kata kunci tertentu sehingga memudahkan menjawab. Berdiskusi dengan dosen mungkin bisa membantumu mencari kata kunci sehingga alokasi waktu 1 menit untuk 1 soal dapat digunakan secara efisien.


Kesimpulan

SINERSI bukan buku wajib bagi mahasiswa keperawatan namun kumpulan soal ini bagus sebagai bahan belajar, terutama bagi pelajar yang lebih mudah memahami sesuatu dengan praktek (mengerjakan soal) daripada ngebut membaca materi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW: Anime Idolish7