REVIEW: Find a Love


Cover novel Find a love

Tipe                          : Novel
Judul                        : Find a Love
Pengarang                : Hee Yuzuki
Genre                       : Romance/kampus
Jumlah halaman        : 351
Rating                       : Teen Up Audience
Penerbit                    : Diandra Creative


[Don’t read the label and beware of spoiler] Karena saya percaya pembaca ada dua: satu yang membutuhkan spoiler, dan satu lagi yang mengharamkan spoiler. Selebihnya silakan dibaca.


Membaca novel ini sebenarnya adalah ketidaksengajaan. Teman saya memberi saya pilihan dan secara random saya memilih novel ini karena judulnya terdengar menjanjikan. Terkejut aku terheran-heran ternyata isinya karakter K-Pop. Ini adalah kisah fiksi yang mengambil tema percintaan karakter K-Pop ber-genre romance.

Penyuka K-Pop mungkin tidak akan keberatan membaca novel Find a Love.


Cerita

Let me speak freely: ini adalah kisah percintaan yang lahir dari fantasi seorang gadis. Tak begitu banyak masalah percintaan yang terjadi pada pasangan utama. Bukan berarti tidak ada drama di dalamnya. Konflik cerita sesungguhnya hanya menumpuk pada sudut yang lain. Cerita bermula dari masalah persiapan dies natalis yang kemudian merembet ke masalah keluarga tokoh utama wanita and stuck in there.

Bila kamu bosan dengan kisah cinta segitiga atau perselingkuhan atau nikah paksa atau—daftarnya tidak akan habis :’), Find A Love adalah varian yang bisa kamu baca.

Karakter

Novel ini adalah karya fanfiction K-Pop yang artinya para karakter terinspirasi dari tokoh K-Pop di dunia nyata dengan pasangan utama Cho Kyu Hyun dan Song Soo Hee.

Hal yang menyenangkan dalam novel ini adalah tidak ada karakter Mary Sue. Mary Sue didefinisikan sebagai karakter yang sempurna—terlalu sempurna malah. Keberadaan karakter Mary Sue bagi saya merupakan sebuah kekurangan karena sosok yang terlalu sempurna justru membuat cerita tidak realistis. Pembaca bisa jadi gagal memasuki alam pikiran tokoh tersebut. So it’s a good thing all characters have a bad side karena sudah suratan takdir bahwa manusia tidak ada yang sempurna.

Hal yang kurang saya sukai adalah karakter Song Soo Hee yang tidak banyak mengalami character development. Berbeda dengan Cho Kyu Hyun yang mengalami perubahan karakter dengan fast and furious, perubahan Song Soo Hee hanya jadi mencintai Cho Kyu Hyun. Mungkin hal ini karena karakter Song Soo Hee memiliki masalah hidup yang lebih komplek. Seperti bagaimana Song Soo Hee di awal cerita digambarkan masih suka mencari perhatian kedua orang tuanya dan berakhir terluka sendiri. Siklus ini terulang terus hingga chapter terakhir seolah Song Soo Hee tidak belajar atau mengambil pelajaran dari kejadian tersebut.

Beberapa karakter minor juga tidak terlalu mendapat perkembangan, bahkan kisah hidupnya menggantung. Seperti In Jung, yang digambarkan sebagai fans berani mati Cho Kyu Hyun, berniat mencelakai Song Soo Hee. Karakter In Jung, bahkan bila ia tidak muncul menurut saya tidak akan mempengaruhi jalannya cerita. Ia, dikatakan dalam novel, akan “menyusun strategi” agar bisa menjungkirbalikkan hidup Soo Hee. Tapi halaman selanjutnya menunjukkan tidak ada hal buruk yang In Jung lakukan setelah itu. Saya berpikir positif saya strategi yang disusun In Jung adalah menyerah.

Kesimpulan

Bagi saya, novel ini nilainya tiga bintang.
Find A Love merupakan novel yang ringan untuk dibaca, terutama bagi penggemar pairing Cho Kyu Hyun dan Song Soo Hee.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW: Anime Idolish7